• Camping Ground di Sentul Bogor | Villa Bukit Hambalang


    Camping Ground di Sentul Bogor


    Villa Bukit Hambalang
    seluas mata memandang berdiri dengan megah nya gunung Gede pangrango dan tegarnya gunung salak. Camping Ground kami terletak di perbukitan Puncak Villa Bukit Hambalang, memiliki luasan 4,2 hektar menawarkan kegiatan berkemah dialam terbuka dalam suasana tingginya puncak dan hijaunya hutan.

    Camping ground kami adalah pilihan cerdas guna melepas rutinitas kehidupan kota modern dengan kegiatan outbound, outing, gathering camping dan petualangan ekologi 

    Fasilitas Villa Bukit Hambalang yang berada diantara rimbunnya pepohonan, menjadikan Sentul adalah kawasan yang ideal guna menfasilitasi program-program bertemakan kembali ke alam.

    Tata kelola kawasan yang menerapkan kaidah dasar kelestarian lingkungan yang berkelanjutan dengan berpijak pada nilai-nilai kearifan lokal. Di dalam kawasan, kami memiliki miniatur hutan hujan dengan komposisi vegetasi beragam yang menghadirkan iklim mikro hutan tropis nan sejuk sebagai tempat belajar dan materi pembelajaran.

    Camp konservasi

     Villa Bukit Hambalang

    Karena potensi keindahan serta kesejukan nya, kawasan puncak dijadikan sasaran utama kunjungan wisata alam dan wisata pegunungan, hal ini telah berdampak pada penurunan kualitas kawasan, itu disebabkan karena usaha pariwisata dibangun bersifat non-reciprocal yang artinya exploitasi pariwisata yang maksimal tanpa diimbangi oleh pengelolaan ruang yang menjunjung tinggi kaidah-kaidah kelestarian lingkungan Villa Bukit Hambalang .

    "Penataan ruang lingkungan hidup merupakan satu kesatuan utuh yang saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas dan produktivitas lingkungan yang berdampak pada kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain nya harus dijaga, dipertahankan dan dilestarikan oleh seluruh umat manusia."

    eco-adventure

    Oleh karenanya, desain tapak penataan ruang kawasan didekati secara ekologis (an ecological approach), sedangkan pola pengembangan elemen-eleman buatan untuk menunjang penyelengaraan program didekati secara eco development, lain halnya dengan pola pengembangan program didekati secara eco-adventure.

    Selain telah mengembangkan program-program berbasis alam, kami telah melakukan rehabilitasi dan konservasi kawasan Villa Bukit Hambalang, hal ini dapat terlihat dengan banyaknya vegetasi multikultur yang mendominasi tutupan, ini pula yang telah menjadikan sebagaian besar dan sangat rindang penuh dengan pepohonan, Villa Bukit Hambalang asri berhawa sejuk dan hijau berasa nyaman. Penanaman ribuan bibit pohon kayu dan buah dalam beragam jenis menjadikan sebuah kebun pepohonan yang luas sehingga terciptanya dinamika ekologi kebun yang harmonis.

    Pengembangan yang bernuansa hutan tropis bertujuan untuk edukasi. Villa Bukit Hambalang adalah salah satu program edukasinya dengan mengenalkan beragam spesies berikut pengetahuan lokal akan manfaat tumbuhan dan tanaman obat yang berada di alam dengan mengintrodusir pengetahuan yang sudah berkembang secara modern kedalam program . Area yang kami namai camp konservasi acapkali dijadikan sebagai kawasan untuk kegiatan Jungle Survival & eco-Adventure program.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.