• OUTBOUND BANTEN DI PESANGGRAHAN CARITA BANTEN - PULOSARI OUTBOUND

    Pasanggrahan CaritaPada tahun 1932 Pesanggrahan carita merupakan pondok kecil yang berada di atas pantai carita-Kampung Carita yang berjarak kurang lebih 1 KM kearah timur dari pantai. pesanggrahan ini dahulu dinamakan “pamayaran” atau tempat pembayaran kuli dan pekerja hutan kala itu yang menaman pohon dan membuat jalan, ketika itu tuan BA merupakan juru bayar atau kepala kuli membayar upah pekerja tersebut di tempat tersebut.
    Pada tahun 1952 pemondokan tersebut di perbaiki dan di jadikan tempat peristirahatan oleh “tuan tanah” masyarakat setempat menyebutnya untuk orang belanda yang berkuasa kala itu dan Pesanggrahan sendiri merupakan istilah lain tempat peristirahatan, seiring perkembangan jaman pesanggrahan di perbaiki dan diperluas serta diadakan penambahan beberapa pemondokan diantaranya pondok Kp. baru dan rumah naga oleh perum perhutani pada tahun 1983.
    Di pesanggrahan ini menjelang sore akan berkabut seperti di puncak Bogor dan jika menjelang malam, udaranya cukup dingin. tempat ini cocok untuk menghilangkan penat dari keramaian kota karena jauh dari perkampungan dan berada di pegunungan hutan lindung yang dikelola perum perhutani dan mulai tahun 1985 diberi nama wana wisata carita yang mengintegrasikan wisata hutan lindung yang ramah lingkungan terdiri dari pantai carita, pesanggrahan, dan curug gendang.
    Pada sisi selatan terdapat jurang pembatas pesanggarahan, nah dari sinilah kita bisa menghirup udara segar dan sejuknya bukit di pesanggrahan, sejauh mata memandang dari tepi jurang pesanggrahan kita bisa melihat laut lepas dengan pesisir pantai mutiara Labuan, gugusan pulau sekitar selat sunda bahkan jika cuaca cerah tak berawan dapat terlihat bayangan gunung anak krakatau. pada arah timur diatas pesanggrahan juga terdapat air terjun Curug Gendang yang dapat di tempuh hanya dengan berjalan kaki selama 20 menit dari pesanggrahan dan pengunjung juga tinggal mengikuti petunjuknya saja karena sudah dibuatkan tanda jejak menuju lokasi curug gendang.
    Jarak tempuh lokasi dari pintu tol cilegon timur 45 KM menuju arah anyer-labuan, di didepan pantai carita bisa langsung melihat gapura dengan tulisan selamat datang di Wisata Alam Carita, lokasi berjarak 1KM dari gapura.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.